Sejarah gedung Putih
Washington DC. Amerika
Bagian 2


 
gedung putih
WASHINGTON DC 1798


SEJARAH GEDUNG PUTIH
Lebih dari satu setengah abad,Gedung Putih telah menjadi tempat kediaman Presiden-Presiden Amerka Serikat. Di dalam gedung itu telah terjadi pemandangan-pemandangan indah dan gemerlapan dalam peristiwa-peristiwa sosial seperti pesta perkawinan,pesta biasa,resepsi-resepsi,termasuk juga peristiwa-peristiwa penggantian Kepala Negara Amerika Serikat. 

Semua dirancang untuk menghindarkan wajah peragaanya yang resmi,gedung itu memperlihatkan wibawa keagungan dan daya tarik yang khas. Gedung itu telah dibangun kembali untuk bisa tahan berabad-abad. Ia memperlihatkan bentuknya yang asli yang penuh kesederhanaan,yang kaya akan kenang-kenangan yang bersejarah.

Batu dasar Gedung putih,yang merupakan gedung pemerintah yang pertama didirikan di Washington,diletakkan tanggal 13 Oktober 1792. Presiden Washington sendiri memilih tempatnya,yang termasuk dalam rencana kota pemerintah Federal yang disiapkan oleh seorang insinyur Prancis,Mayor Pieere L'Enfant.

Rencana untuk gedung itu yang disetujui oleh Washington, digambar oleh James Hoban,seorang arsitek bangsa Irlandia. Hoban mengawasi pembangunan gedung tersebut. Pembangunan kembali gedung tersebut dilakukan setelah tentara Inggris membakarnya tahun 1814. Dan pembangunan bangunan sebelah utara dan selatan dilakukan beberapa tahun belakangan.

Dalam gaya arsitektur klasik,bagian depan Gedung Putih menyerupai istana Duke of Leinster di Dublin. Desainnya diduga menuruti bangunan itu. 

Detail dari bangunan lainnya penyusunan bagian dalam mungkin berasal dari bentuk bangunan rumah modern di Inggris dan Eropa. Dibangun dari batu-batu pasir yang digali di Aquia Creek,Virginia,dinding bagian luarnya dicat/dilabur sewaktu Gedung Putih itu dibangun,sehingga bangunan tersebut diberi nama "Gedung Putih"dari sejak semula. Bertahun-tahun lamanya bangunan itu umum menganggap sebagai "Rumah Presiden" atau "istana Presiden".

Sumber:Presiden-Presiden Amerika Serikat 
dan Istri Mereka.1979.

DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.