Biografi Penyanyi Keroncong Tempo Doeloe : Tan Tjeng Bok

                                                                    


tan tjeng bok
TAN TJENG BOK
Mulai berkarier sebagai penyanyi ketika ia berusia 12 tahun di Bandung,alunan musik orkes keroncong menggaet hatinya. Ia bergabung dengan orkes Hoefisher pimpinan " Gobang " berkeliling

Jawa. Tetap membawa lagu keroncong mauritsco,namanya mulai tenar.Tapi tiba di Bangil,ia kemudian bergabung dengan oper Darcanella,pimpinan Piedro atau Pyotr Litmonov,seorang keturunan Rusia. Berkeliling terus dari Sababng sampai Merauke.

Darcanella tutup layar pada awal tahun 1940'an,Tan Tjeng BOK lalu ikut sandiwarakeling Orpheus pimpinan Manoch. kemudian juga Star pimpinan Afiat.Tapi tak satupun grup-grup itu berhasil mengulang sukses Darcanella.
     
 Akhir karier yang muram
Menjelang usia tuanya pada tahun 1979, ia jatuh melarat. Ketika dirawat di rumah sakit, surat kabar Sinar Harapan membuka Dompet Tan Tjeng Bok dan berhasil menghimpun dana lebih dari dua puluh juta rupiah. 

Padahal sebelum meninggal, ia masih menikmati bermain disejumlah film dan sinetron di televisi. Termasuk dalam Komedia Jakarta dan Senyum Jakarta di TVRI. bersama A. Hamid arief. A. Yang juga dikabarkan saat meninggal (1979) tidak memiliki rumah sendiri. Padahal entah berapa puluh film sinetron yang ia bintangi.


                                                  
DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.