Almanak voor Bandoeng


        

tangkuban parahu
BEREKREASI DI GUNUNG TAKUBAN PARAHU TEMPO DULU
FOTO DIBUAT TAHUN 1950'AN


Kota Bandung yang terletak diketinggian 721 meter diatas permukaan laut,memiliki angka rata-rata curah hujan pertahun 1.961 mm, lama hujan 143,9 hari dengan temperatur 22,5 derajat C. Sehingga hawa Kota Bandung terasa nyaman,segar dan sehat.

Dengan kondisi alamiah seperti ini,apalagi tanahnya yang subur,maka Bandung sangat cocok dan ideal buat bertanam bunga dan pohon-pohonan.

Hampir segala macam tumbuhan,bisa ditanam dengan baik di wilayah dataran Bandung. Sampai-sampai Tuan P.Dakkus,seorang Hortulanus (Ahli Tanaman) menulis, ' Gelukkig werkt het Indische Klimaat erg mee en al is de uitdrukking-Als je hier een wandelstok in de grond steek,groei hij ook..!'

Artinya: Untunglah iklim di Indonesia sangat baik-serasi. Sesuai dengan Siloka: ' Bila engkau tancapkan sebatang tongkat di tanah,pastilah ia tumbuh bersemi..! (P.Dakkus,Planten en Bloemen in Nederlancsh-Indisch,1924).
  
Orang Eropa pernah menulis:Bandung layak disebut sebagai tempat pemukiman yang cantik dan paling sehat di Hindia-Belanda. Letak ketinggian kota lebih kurang 730 meter di atas permukaan laut,menyebabkan kotanya memiliki iklim udara yang segar nyaman.(Almanak voor Bandoeng 1920). 

  (Sumber:Wajah Bandung Tempo Doeloe.1984.Haryoto Kunto)

     

0 komentar :

Poskan Komentar