Deddy Stanzah Pendiri The Rollies Band Bandung Tempo Doeloe


                                

dedy stanzah superkid
DEDDY STANZAH BERSAMA SUPER KID


DEDDY STANZAH PENDIRI THE ROLLIES  
Deddy Sutansjah atau yang lebih dikenal Deddy Stanzah,
kelahiran 14 April 1950. Saat itu Deddy berusia 15 tahun pada tahun 1965 telah membentuk band di lingkungan sekolahnya.
  

Di Kota Bandung tempo dulu pada saat itu jumlah band yang menonjol masih bisa dihitung dengan jari,yaitu Rhapsodia dan Delimas. Bersama sahabat-sahabat SMP nya seperti " Sonson,Emil dan Sukri," Deddy membentuk sebuah kuartet dengan nama the Rollies. Tak jelas apa yang membuat Deddy memilih Rollies sebagai jatidiri bandnya itu.
Diduga,saat itu Deddy tengah keranjingan menyimak album-album milik The Rolling Stones dan The Hollies.

Karena tidak puas dengan musikalitas ketiga sahabatnya, Deddy lalu bergabung dengan Delimas mengisi kekosongan posisi ritem gitar dan vokalis.
Genap Setahun,Deddy bersama dua personil Iwan Krisnawan (Vokal,Drum) kelahiran 16 Juni 1948 dan Tengku Zulian Iskandar Madian (gitar) kelahiran 16 Oktober 1949 sepakat menyatakan diri keluar dari Delimas.


Setelah merekrut Delly DJoko Alipin (gitar,vokal,organ) kelahiran 5 November 1947 yang baru saja mengundurkan diri dari The Venus,merekapun sepakat untuk menggunakan nama The Rollies yang diciptakan Deddy sutansjah sebagai jatidiri band.

Deddy lalu menyebut bahwa Rollies itu merupakan jenis rambut dari para personilnya, " Roll" itu berarti ikal dan Lies berarti lurus,jadilah The Rollies," ucap Deddy ketika saya wawancarai di kisaran tahun 1997 silam,ketika rezim pemerintahan berganti menjadi Orde Baru.
 

The Rollies memang berembrio pada era manakala katup kran musik rock mulai terbuka lebar,seiring bergesernya situasi politik negeri ini dengan dibungkamnya gerakan PKI.
Sebelumnya musik rock yang kerap disebut 'ngak ngik nguk' dianggap dekaden dan wujud budaya kapitalis.
Beruntung Deddy Sutansjah memiliki orang tua yang mau memahami keinginan musikal putranya.


Orang tua Deddy yang memiliki hotel akhirnya menjadi tulang punggung keberadaan The Roliies sebagai penyandang dana.
"Seingat saya orang tua Deddy Sutansjah yang menyediakan peralatan band yang komplit," tutur 'Iskandar' yang kini dikenal sebagai pengusaha. Untuk Video Deddy Stanzah klik
Disini.  

Oleh:Denny Sakrie
(Sumber:Majalah RollingStone Januari 2008)
   

1 komentar :

JAKET KULIT mengatakan...

salam hangat legend musik

Poskan Komentar