Sejarah Asal-Usul Nama Indonesia

                                  

Presiden Soekarno
ASAL USUL NAMA INDONESIA
                       
Nama Indonesia berasal dari perkataan " Indo " dan " Nesie " (dari bahasa Yunani:Nesos )berarti kepulauan Hindia. Adapun kata " Nesos " itu hampir berdekatan dengan kata " nusa " dalam bahasa Indonesia,yang juga berarti pulau. Orang pertama yang mempergunakan nama Indonesia itu ialah " James Richardson Logan (1869) dalam kumpulan karangannya yang berhudul " The Indian Archipelago and Eastern,terbit dalam Jurnal of the Asiatic of Bengal (1847-1859). Pertama kali dipakai nama Indonesia pada tahun 1850.

Begitu pula Sir William Edward Maxwell (1897) seorang ahli hukum berkebangsaan Inggeris yang menjabat sebagai sekretaris Jenderal Straits Settlements yang kemudian menjadi Gubernur Pantai masa pernah memakai nama ini di dalam kata pembukaan buku penuntun bahasa-bahasa Melayu hasil karyanya sendiri. Dalam buku itu ia menulis:The Island of Indonesia.

Nama Indonesia dipopulerkan oleh Profesor " Adolf Bastian " (1826-1905) seorang ahli Ethnologi dan antropologi bangsa Jerman pernah menjadi guru besar pada Universitas di Berlin dalam ilmu bahasa. Bastian ini pernah menulis sebuah kitab bernama : Indonesian oder die inseln des Malayaschen Archipelago (1884-18889). Dalam bukunya ini ia menegaskan arti kepulauan ini. 

Sarjana ini berpendapat,bahwa kepulauan Indonesia ini meliputi suatu daerah yang sangat luas,di mana termasuk Madagaskar di Barat,sampai pulau Formosa di Timur dan deangan Nusantarasebagai pusatnya,adalah merupakan satu totalitas. Dengan demikian maka sudah sejak tahun 1850 dan 1884 nama Indonesia telah dikenal dalam ilmu pengetahuan Indonesia,terdiri dari dari 10.000 pulau,dimana diantaranya 3.000 pulau yang berpenduduk serta didiami manusia. Luasnya meliputi 1.491.564 km persegi.

    Sumber:Bung Karno " PUTRA FAJAR .1981.Solichin Salam.

DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.