Sejarah Kerajinan Perak Belanda

  
 Hasil seni kerajinan perak,sebagaimana halnya emas, termasuk karya logam mulia, dan umumnya dinikamti sebagai perhiasan dan barang kemegahan.
 Di eropa telah ditemukan barang-barang perak dan emas, yang berasal dari masa 400-800 tahun sesudah Nabi Isa. Motif-motifnya terdiri dari spiral, lingkaran,garis-garis berbiku-biku dan binatang-binatang khayali, yang sifatnya Jerman kuno. Sebagaimana emas di tengah alam hampir tidak terpisahkan bertalian dengan perak,demikian pula pengolahan kedua jenis logam mulia ini dilakukan bersama-sama dan dapat. Masuk teknik ini antara lain pekerjaan menempa, menggerakkan, menuang, mengukir, melukis, disebut seni tempa mulia. Memasang,melapis dengan email dan mengisi dengan niello.


.
                                     

perak belanda
                                        BARANG-BARANG PERAK BELANDA
 
Dari abad 13 dan 15 masih ada contoh-contoh peninggalan yang indah dari seni tempa untuk digunakan di gereja dan penggunaan duniawi,terutama dari negeri-negeri Bourgandia dan negeri-negeri sungai Rijn. Dalam abad ke-17 karya seni mulia terus berkembang sejalan dengan kesenian hias lainnya,khususnya bentuk-bentuk gaya barok. Di negeri Belanda terutama harus disebut karya-karya Vianen bersaudara dan Lutma.
 

Setelah tiga tahun menjadi bagian dari negeri Prancis (1810-1813),dalam abad ke-19 nampak 'gaya Empire' dalam seni logam mulia. perak gaya Empire,yang dibuat untuk keperluan duniawi maupun untuk keperluan gereja,sifatnya murni apabila dikerjakan oleh tukang-tukang perak Belanda. Nampak kejernihan bentuk,yang menjadi sifat gaya ini di Prancis, meskipun di negeri Belanda yang kecil itu pesanan-pesanan tentu saja lebih sedikit dari Prancis dalam lingkungan kaisar Napoleon sendiri.
 

Setelah Kerajinan Belanda diproklamirkan (1813), mulai dipergunakan stempel kerajaan tanda dikir:untuk perak kadar nomor satu dalam bentuk seekor singa yang yang sedang naik dalam perisai dengan angka 1 di bawah kaki depan sebelah kanan.  Untuk perak kadar nomor dua seekor singa sedang berjalan dalam segi enam yang diregang dengan angka 2 di bawah kakinya.
 

Akan jelas bagi setiap orang bahwa tidak segera setelah kereajaan diproklamirkan,gaya hidup umum di negeri Belanda akan berobah: Kemerdekaan yang didapatkan kembali akan menyebabkan sebagian orang Belanda kembali menarik diri lagi ke dalam lingkungan sendiri yang dikenal,membalikan diri dari peristiwa dunia. bentuk-bentuk yang kaku memanjang,yang menjadi perak empire,pada mulanya akan mengalami perobahan yang hampir-hampir tidak terasa. Dari bentuk-bentuk yang lampai dan runcing,dengan kurve-kurve yang tajam,orang kemudian akan sampai pada bentuk-bentuk yang lebih bulat dam kontur yang lebih bundar. Pita-pita yang tegang mendatar yang disebut pita filet,mengelilingi bentuk itu dan ketegangan dan kekhasannya akan kita sering teringat kepada gaya Empire.
 

Janganlah kita lupa pula,bahwa tukang-tukang perak yang bekerja dalam gaya Empire,turut memasuki zaman baru ini. kehidupan dalam tahun-tahun 1825-1840 berobah. Interior Empire yang memang selalu agak steril dan dingin berobah suasanya menjadi suasana yang lebih bersifat kekeluargaan di dalam rumah. Keluarga Belanda yang tidak selalu berhati lapang itu menarik diri kedalam suatu pergaulan sendiri yang tidak begitu besar,dengan suasana yang khas Belanda suasana diantara borjuis kecil dan keakraban,yang karakteristik untuk sebagian dari warga negara dalam masa itu.Antara Tahun 1910-1920 pada umumnya gaya belanda menjadi lebih kaku, meskipun ada juga kecenderungan kepada bentuk-bentuk yang lebih plastis dengan ornamentik yang jelas bagian-bagiannya. Dalam pada itu orang mulai lagi menaruh perhatian untuk bentuk-bentuk yang yang murni dalam plastiknya. Gerakan ini dan beberapa pandai perak degan sengaja tidak mengindahkan lagi kontur.
  

Kesederhanaan baru dalam pada itu telah menampakkan diri. Bahan-bahan dipergunakan dengan rasional sekali tanpa hiasan sedikitpun juga,sehingga sangat bersahaja. 

          Sumber:Majalah Serba-Serbi Belanda

 
DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.