Bandung Tempo Dulu - Lagu-Lagu Sanjungan Untuk Kota Bandung Tempo Doeloe di Youtube



bandung tempo doeloe Menurut catatan Drs. Harjadi Suadi,seorang sobat (Haryoto Kunto) di Bandung,selain lagu Hallo Bandoeng yang dibawakan oleh penyanyi Willy Derby atau Wieteke van Dort dan lain-lain klik disini tahun 1920-1923,sampai tahun 1960, paling sedikit ada lusinan "lagu pujaan" yang menyebut-nyebut Kota Bandung beserta isinya.

Hal ini membuktikan bahwa Bandung sepanjang perjalanan hidupnya telah banyak mengilhami para Seniman. Apakah ia seorang penyair,sastrawan,atau para komponis pencipta lagu.
Satu di antara lagu-lagu sanjungan Bandung yang paling ngetop di Jagatraya adalah lagu perjuangan "Hallo-Hallo Bandung" yang lahir di kancah pertempuran "Palagan Bandung ".
Meski sebagian orang berpendapat bahwa lagu itu ciptaan Ismail Marzuki,namun konfirmasi yang pasti belum didapat sampai saat ini.
Lagu tentang Bandung lainnya,tercatat diantaranya: " Nona di Kota Bandung" yang dinyanyikan Annie Sim pada masa sebelum perang.
Kemudian lagu " Ole-Ole Bandung" yang pernah dibawakan oleh Tan Ceng Bok dll. yang begitu populer di akhir tahun 40'an.

"Kebaya Bandung" ciptaan ismail marzuki pada tahun 50'an.
"Soto Bandung" yang dinyanyikan Kartini,diiringi Orkes Kroncong Pimpinan M.Sagi di awal tahun 50'an. "Bandung Selatan di Waktu Malam"ciptaan Ismail Marzuki pada masa perang kemerdekaan,yang dinyanyikan oleh Suhaeri,diiringi oleh Orkes Kroncong pimpinan M.Sagi.
Lagu " Bandung Urang " ciptaan mang Abas,dimainkan oleh Orkes "Puspa Kencana" pimpinan Isbandi.

Mambo "Oncom Bandung" ciptaan Benny pablo,yang dibawakan oleh Subardini,diiringi Sextet Jusuf pada tahun 1960. Tidak ketinggalan, Mang Koko pun pernah menciptakan lagu tentang Kota Bandung berbahasa Sunda .
Masih ada satu lagi tentang Bandung yang pernah menjadi " top hits "di tahun 1930'an yang dinyanyikan oleh Abdullah, biduan tenar pada jamannya. lagunya Bernama "Kota Bandoeng" dengan syair gubahan st.P.Boestami,diiringi Orkes " Canary".
lagu " Kota Bandoeng"ini yang iramanya sama dengan lagu "Sipatokaan"lirik lagunya bergaya Pantun Melayu yang lucu.

           Kota Bandung sungguh indah permai
           Hawanya sejuk kotanya ramai
           Kota aman penduduknya damai
           Pemuda banyak bagai disemai
                
               Gadisnya cantik pandai menghias diri
               Laksana dewa dan bidadari
               Jikalau tidak menjaga diri
               pastilah malang menimpa

"Jikalau tidak pandai menjaga diri,pastilah malang menimpa diri", merupakan nasihat "kuno" namun tetap bijaksana untuk ditaati..!
Bandung memang merupakan kota panjang-punjung yang penuh dengan sanjung. Hingga para penyair muda kota ini sempat di tahun 1981 meramu buku  puisi " Senandung Kota Bandung ".
Tak ketinggalan Tetti Kadi dan Group Bimbo dll bersenandung tentang " Kota Bandung" lewat lagu-lagunya.
Namun bisakah sebuah kota hidup berkembang membahagiakan warga penghuninya hanya dengan senandung dan sanjungan...??? (tentu tidak ....!!!!)

 
  (Sumber:Wajah Bandung tempo Doeloe.1984.Haryoto Kunto)



DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.