Bandung Tempo Dulu
Sejarah Jaarbeurs / Pasar Malam




Bandung Tempo Dulu
PARA PENGUNJUNG JAARBEURS 1920'AN

SEJARAH JAARBEURS DI BANDUNG
Pasar Malam yang sukses menarik perhatian masyarakat Priangan pada awal abad ke-20 adalah Pasar Malam yang diselenggarakan di 'Sumedang'(Kabupaten Jabar). Ketika di Belanda telah diselenggarakan sebuah bursa tahunan yang bernama ' Jaarbeurs' maka menanggapi kegiatan bursa tahunan yang diselenggarakan di Belanda beberapa tokoh masyarakat di Hindia Belanda terlihat antusias untuk dapat  menyelanggarakan acara serupa di Hindia Belanda.

Seiring dengan hal itu maka dicarilah sebuah tempat penyelenggaraan kegiatan itu. Secara spesifik kemudian dipilihlah Kota Bandung yang saat itu sedang mengalami pembangunan besar-beasaran sebagai kota kolonial yang modern.

Iklim Bandung yang sejuk merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting lainnya bagi terlaksananya kegiatan ini,hal ini karena iklim yang sejuk ini dilihat akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang akan menghadiri acara tahun ini.

Rencana akan dipindahkannya Ibukota Hindia Belanda dari Batavia ke Bandung tentu menjadi pertimbangan penting lainnya bagi pelaksanaan 'Jaarbeurs' pertama di Hindia Belanda ini,selain itu juga dikarenakan jumlah masyarakat Eropa di Kota Bandung saat itu masih termasuk yang paling tinggi maka diharapkan akan dapat mendukung kesuksesan acara ini.

KUMPULAN DONGENG SUNDA SI KABAYAN klik disini
KUMPULAN DONGENG SUNDA SI KABAYAN LAINNYA klik disini


0 komentar :

Poskan Komentar