Sejarah
" Kebudayaan Suku Indian "
Di Meksiko



Kebudayaan suku Indian di Mexico dan Peru.Ketika Spanyol menaklukkan Amerika Tengah dan Selatan, mereka menjumpai orang-orang Indian yang telah beradab. Diantaranya ialah Indian Maya di semenanjung Yucatan (Mexico) yang membuat rumah-rumah perdewaan yang indah. 

Mereka mempunyai pemerintahan pusat dan sudah bisa menulis. Perdagangan dan pertanian sudah maju pula. 
Kemudian datanglah bangsa Aztek di Mexico,yang mengambil segala kebudayaan bangsa Maya. Mereka meyembah kepada dewa matahari dan bintang.Untuk menyembah dewa mereka membuat rumah perdewaan diatas bukit:diantara selamatan yang diadakan,ialah selamatan menyembelih manusia. Pimpinan agama dipegang oleh pendeta-pendeta yang masing-masing mempunyai kedudukan yang tersusun baik.

TATANEGARA.
Pangkat-pangkat yang tinggi dikuasai oleh beberapa orang: penduduk yang terdiri atas beberapa suku,mengirimkan wakil-wakil ke Badan Permusyawaratan. Kekuasaan yang tertinggi dipegang oleh dua orang raja,yang satu menjadi Kepala Negara,sedangkan yang kedua menjadi panglima dan kepala keagamaan. Di Mexico sudah ada kota-kota besar, bahkan jalan-jalan raya menghubungkan masing-masing kota itu dengan yang lain. Peta yang menggambarkan letak kota-kota dan tanah sekitarnya sudah ada juga.

Di negeri Peru bangsa Inca dapat berkuasa dan memerintah secara teratur. Daerah Peru dibagi menjadi tiga bagian,satu bagiansebesar sepertiga disediakan untuk pemujaan Dewa Matahari,sedangkan yang dua pertiga untuk peperluan penduduk. Hasil bumi dipergunakan untuk membiayai ketenteraan. Yang sepertiga lagi dibagikan kepada rakyat jelata.

Bangsa Peru diam dikota-kota besar,yang mempunyai bangunan-bangunan besar,lagi indah; satu antara lain kota-kota itu dihubungkan oleh jalan-jalan besar.
Negerinya yang makmur karena pertanian diberi pupuh guano: begitu pula negeri Peru itu kaya akan tambang emas,perak tembaga dan platina.
Mereka dapat membuat barang pecah belah dan barang tenunan yang sangat indah.
Sejarah Penjajahan Suku Indian Oleh Spanyol Klik disini ...

Sumber:Sejarah Dunia.I.Balai Pustaka.1958.


DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.