Sejarah Penjajahan
" Suku Indian "
Oleh Spanyol



suku indian
SEJARAH PENJAJAHAN SUKU INDIAN

Penaklukkan kerajaan Mexico dan Peru.
Bangsa Spanyol yang ingin memiliki emas yang dikabarkan diketemukan dikedua daerah itu,mengirimkan tentera besar keamerika.
Pada tahun 1521 Cortez dengan Couquiztadores (bangsawan ksatria yang menaklukkan) Spanyol menaklukkan raja Aztek,keturunan Motecuhzoma yang terakhir.Karena orang spanyol mempergunakan senjata api,meriam dan berkuda,dengan mudah tentera Aztek dapat dipukul dan dicerai-beraikan.

Pada tahun 1532 Pizarro menaklukkan negeri Peru dan dapat merampas barang-barang seharga 25 juta rupiah. Uang sebanyak itu mula-mula direncanakan untuk membiayai perang agama Nasrani melawan Islam,agar dapat merebut Jerusalem dari orang-orang Islam; kecuali itu uang tersebut akan dipergunakan untuk menyebarkan agama Nasrani. 

Akan tetapi segala-galanya tinggal cita-cita saja,karena bangsa Spanyol yang datang di Amerika ingin kaya,sehingga hanya pemerasan, perampokan dan penipuan yang dijalankan. Walaupun bangsa Spanyol memasukkan agama Nasrani diantara bangsa Indian akan tetapi tindakakkan merampok,menipu dan membunuh secara kejam menjauhkan bangsa indian dari agama Nasrani yang dipeluk oleh orang-orang penjajah. 

Karena bangsa Spanyol itu sebagai kesatria tidak mau bekerja,mereka memaksa bangsa Indian dengan segala ancaman untuk menjadi budaknya untuk dipekerjakan diladang dan tambang-tambang emas.

Dengan paksaan itu banyaklah orang-orang Indian yang tewas ditambang atau ditembak oleh penjajah Spanyol. Tindakan yang buas dilaporlan oleh seorang pendeta yang bernama Las casas kepada raja Spanyol,bahwa bangsa Indian akan lenyap sebagai bangsa,karena tidak tahan hidup yang seberat itu.

Untuk mengganti bangsa Indian,didatangkanlah beribu-ribu Orang Negro yang kuat-kuat dari Afrika. Tindakkan itu menimbulkan perdagangan budak oleh orang-orang Eropa yang tidak mengenal perikemanusiaan.
Kebudayaan Suku Indian di Meksiko klik disini ...

Sumber:Sejarah Dunia I.Balai Pustaka.1958.

DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.