Sejarah Tatar Sunda
Sebelum Jaman Kerajaan Tarumanagara
Bagian.2






sejarah tatar sunda


Halaman Pertamanya BACA DISINI >>
Sementara itu dalam Perimbon Bayah dikisahkan bahwa pada awal abad pertama Masehi, ketika Maharaja Mang Wang dikabarkan memesan cula budak putih,telah berdiri sebuah perkubuan besar (?) Sindula di sebelah timur. Yaitu di Lakbok, dengan pemimpinnya Suelacala. 

Putra Sindula,yang dikenal sebagai pemimpin onom Sindula, dibunuh oleh Aji Saka karena ia seorang kanibal.Suatu penelitian pendahuluan untuk mengidentifikasi Tiao-pien yang terdapat dalam berita Cina tersebut di atas dengan Dewawarman, ternyata juga belum berhasil. Sementara,sumber naskah lain yang disebut Naskah Wangsakerta yang memberitakan tentang adanya Dinasti Dewawarman lengkap dengan masa pemerintahannya di Kerajaan Salakanagara sejak awal abad Masehi,secara historis sulit untuk dibuktikan kebenarannya.

Hubungan antara Cina dengan Nusantara diduga baru ada setelah terjadi perluasan kekuasaan Kerajaan Cina ke daerah Tonkin di Vietnam, yaitu pada masa Dinasti Chin dan Han sekitar akhir abad ke-2 Masehi. Adanya perluasan kekuasaan ini membawa perhatian Cina ke daerah-daerah selatan yang sebelumnya tidak menarik perhatian mereka.

Daerah-daerah yang terletak jauh dari pusat peradaban Cina di Tiongkok bagian utara ini dianggap belum beradab. Berabad-abad sebelum tarikh Masehi,Cina hanya melakukan perdagangan dengan Asia Barat. Ketika Cina telah meluaskan pengaruhnya ke Asia Tenggara bagian utara,pengetahuan mereka tentang Nusantara hanya diperolehnya dari pihak lain karena mereka tidak segera mengadakan hubungan langsung ke selatan.

Hubungan pelayaran langsung antara Cina dan Nusantara melalui Laut Cina Selatan diduga baru dimulai pada abad ke-3 Masehi. Akan tetapi, bukti kuat yang memastikan adanya hubungan itu baru pada awal abad ke -5,yaitu dari masa Kerajaan Tarumanagara. Demikianlah berita-berita awal tentang Tatar Sunda sebelum masa Kerajaan Tarumanagara. 

Meskipun berita itu hanya samar-samar saja, setidak-tidaknya hal itu menunjukkan bahwa sudah ada kehidupan bermasyarakat yang berhubungan dengan masyarakat luar di wilayah yang disebut Tatar Sunda sejak awal abad Masehi dan tentu juga sebelumnya meskipun tidak terberitakan. 


Sumber:Sejarah Tatar Sunda.2003.
Oleh:Nina H. Lubis,dkk.(buku di atas)





DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


2 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.