Sejarah Kabupaten Karawang





SEJARAH KABUPATEN KARAWANG
               
Siapa yang tak kenal Karawang..?
Karawang sering disebut-sebut sebagai lumbung padi. Dan bagaimana riwayatnya..? menengok kebelakang semasa kerajaan Padjadjaran yang dipimpin oleh 'Sri Baduga Maharaja',ternyata Karawang merupakan salah satu Kota Pelabuhan kerajaan Padjadjaran.
 

Di lain pihak saat itu,di Tanah jawa berdiri Kerajaan terbesar di pulau itu yaitu Kerajaaan Mataram. Yang dipimpin oleh Sultan Agung. Kerajaan ini mempunyai ambisi untuk menguasai seluruh Jawa. Untuk mencapai maksud itu ia harus berhadapan dulu dengan Kerajaan Banten dan Belanda. Taktik untuk mengusir Belanda ia harus terlebih dahulu menguasai daerah terdepan yang berhadapan dengan Belanda ialah Karawang. Sultan agung mengirimkan pasukannya ke Karawang untuk mengusir tentara Belanda dan Banten untuk merealisir maksud tersebut maka diangkatlah Dipati Kertabumi sebagai Wedana di Karawangdengan tugas:
  

1. Mepertahankan/majaga Karawang dari tentara Banten dan Belanda.
  

2. Menjadikan Karawang sebagai gudang beras sebagai perlengkapan perang.
Penyerangan Sultan Agung pada Belanda gagal..! Tetapi untuk kehendak mengehyakan Kompeni dari Batavia terus berkobar.
 

Tahun 1633 Ranggagede menjadi Bupati Wedana daerah Priangan yang kedua kalinya. Singaperbangsa dan Arya Wirasaba diangkat menjadi Wedana di Karawang. Singaperbangsa ditempatkan menjaga daerah di Tanjungpura dan aryawirasaba di Wiringinpitu,sehingga dengan demikian pusat pemerintahan di Udug-Udug harus dipindahkan ke Banut (Kertajaya) yang lebih strategis. Maka pindahlah tahun 1633.
 

Pada saat itu pulalah Adipati Kertabumi meninggal diganti oleh putranya Singaperbangsa (Adipati Kertabumi IV). Dan tahun 1633 pun ditetapkan sebagai tahun terbentuknya Kabupaten Daerah Tingkat II Karawang. 

Batas wilayahnya sebelah utara dengan Laut Jawa,sebelah timur dengan Kabupaten Subang,sebelah selatan dengan Kabupaten Bogor dan Cianjur serta sebelah barat dengan Kabupaten Bekasi.Luas wilayahnya adalah 173.753 Hektar.

DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.