Cerita Rakyat Jawa Tempo Dulu
" Ken Arok "





KEN AROK
Ia anak seorang petani. Ia kerapkali mengacau. Ken Arok mengabdi kepada Tunggul Ametung,adipati dinegeri Tumapel. Pada suatu ketika,timbullah keinginan dalam hatinya untuk merebut kedudukan Tunggul Ametung.

Disana ada seorang yang terkenal,pandai sekali membuat keris, Empu Gandring namanya. Keris buatan Empu Gandring itu amat jaya.

Maka pergilah Ken Arok ketempat Empu Gandring untuk memesan keris kepadanya.

Pada lain hari datanglah ia kesana. Tetapi keris belum selesai sama sekali. Ia sangat marah. Dengan keris yang setengah selesai itu Empu Gandring dibunuhnya.Keris tersebut dibawanya pulang dan diberikannya kepada seorang temannya,yang bernama "Kebo Ijo". Kemanapun Kebo Ijo pergi,keris itu selalu dibawanya.

Terkenallah sudah,bahwa keris yang aneh itu (belum selesai sama sekali) kepunyaan Kebo Ijo.

Pada suatu malam Ken Arok mengambil keris kepunyaan Kebo Ijo tersebut dan dengan itu Tunggul Ametung dibunuhnya.
Keris ditinggalkannya dekat jenazah Tunggul Ametung. Oleh karena umum telah tahu,bahwa,bahwa keris itu kepunyaan Kebo Ijo,maka Kebo Ijo itulah yang didakwa membunuh Tunggul Ametung. Kepadanya dijatuhkan hukuman mati.

Ken Dedes-isteri Tunggul Ametung-kini diperisteri oleh Ken Arok. Pada waktu itu Ken Dedes sedang hamil. Tiada lama ia melahirkan seorang anak laki-laki,namanya Anusapati.

Anusapati sejak kecil hingga besar tidak mengerti,bahwa Ken Arok bukan ayahnya yang sebenarnya.

Tetapi ia merasa,bahwa ia dari padanya mendapat perlakuan lain dari pada saudara-saudaranya.

Pada suatu ketika terpaksalah Kendedes membuka rahasia kepada Anusapati . Setelah mendengar keterangan itu, maka Anusapati mendesak,agar ibunya memberikan kepadanya keris buatan Empu Gandring,yang sudah membunuh ayahnya itu. Ken Dedespun memberikannya pula.

Anusapati memanggil seorang didesa, yang bernama Ki Pangalasan. Kepada dia itulah Anusapati memberi perintah untuk membunuh Ken Arok dengan keris buatan Empu Gandring.

Dan terjadilah,Ken Arok dibunuh juga oleh keris Empu Gandring tersebut

Sumber:Cerita Lama 
DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.