Bandung Tempo Doeloe
Asal - Usul Nama Gang
Asep Berlian di Cicadas





PASAR BARU BANDUNG TEMPO DULU

Di Bandung tempo doeloe saudagar pribumi yang terkenal sukses adalah orang-orang Palembang. Selain berniaga mereka banyak memilik tanah. Beberapa saudagar Palembang yang terkenal di Bandung antara lain Tamim (dipakai nama jalan di sekitar Pasar baru),Encek Azis (dipakai nama sebuah jalan di belakang Pasar Baru)Aschari dan Asep berlian (Dipakai nama sebuah gang di Cicadas).

Mengapa disebut Asep Berlian..? Konon karena saudagar Palembang itu,bila bepergian kondangan selalu memakai hiasan yang bertabutarkan berlian sebesar biji jagung. Terutama sebutir berlian yang mencorong menghiasi hulu kerisnya.

Asep berlian pernah menjadi topik omongan orang Bandung tempo doeloe,tatkala salah seorang istrinya yang kedapatan mati terbunuh oleh pembantunya. Geger seisi  Kota Bandung kala itu. Pembunuhan yang terjadi pada masa sebelum perang itu, diingat oleh para sesepuh Bandung sebagai 'Guyur Bandung' (Heboh Di Bandung).
KUMPULAN DONGENG SUNDA SI KABAYAN klik disini...
KUMPULAN BOBODORAN SUNDA klik disini ...
DONGENG SUNDA SI KABAYAN HAYANG NYUSu klik disini ...



KEBON KAWUNG TEMPO DOELOE

Pada jaman sebelum perang,di Kebon Kawung terdapat sebuah lorong dengan nama 'Rozenlaand' artinya jalan Mawar (Sekarang Jl.Haji Mesri),disebut jalan Mawar karena di Kebon Kawung ada sekitar satu hektar kebun bunga Mawar yang sengaja ditanam oleh penduduk.

JASA PIETER SITJHHOFF

Atas upaya Pieter Sijthoff (Asisten Residen Priangan), jalan- jalan Kota Bandung di akhir Abad-19 mendapat penerangan "lentera minyak tanah".yang sebelumnya menggunakan gas.

 GEDUNG SATE
Ir.J.Gerber, yang merencanakan bangunan Gedong Sate, sebuah "karya utama" bangunan arsitektur yang mewakili gaya Indo Europeeschen Architectuur Stijl". klik disini    
 
Sumber:Wajah Bandoeng Tempo Doeloe.alm.Haryoto Kunto

DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.