Sejarah Jawa Barat Dimasa Islam





garut tempo dulu
SEBUAH PERKAMPUNGAN 
DI GARUT TEMPO DULU


Salah seorang putera Prabu Buni Sora ialah Bratalegawa yang lahir pada tahun 1350 M. Sebagai saudagar besar,ia sering berlayar ke Sumatra,Semenanjung Cina,Campa,India, Sri Langka,Parsi sampai ke Negri Arab.
Bratalegawa bertemu dengan dengan wanita muslim dari Gujarat yang bernama Farhana binti Muhammad yang kemudian menjadi istrinya. Bratalegawa kemudian memeluk agama Islam dan berhaji,kemudian ia beroleh nama Haji Baharudin al Jawi atau lebih dikenal Haji Purwa Galuh. Hasil perkawinannya dikaruniai anak yang bernama Ahmad dan atau Maulana Saifudin. Maulana Saifudin menikah dengan Rogayah dan dikaruniai puteri yang bernama Khodijah.Kelak Khodijah diperisteri oleh Syech Datuk Kahfi.
  
Haji Purwa bersama keluarganya merupakan penyebar Agama Islam pertama di wilayah Jawa-Barat.
Pesantern pertama didirikan pada tahun 1416  M. Di Pura Dalem Karawang,dan Pesantern yang kedua  didirikan oleh Syech Datuk Kahfi di Amparan Jati. Pada masa itu armada Cina mengadakan perjalanan keliling dipimpin oleh Panglima Cheng Ho yang beragama Islam. Armada ini singgah di Karawang. Di daerah ini turun Syeh Hasanudin yang berasal dari Campa yang iku bersama Cheng Ho. Armada Cina melanjutkan perjalanannya ke timur dipimpin oleh Ki Gedeng Jumajan.
  
Syech Hasanudin menikahi Ratna Sondari puteri Ki Gedeng Karawang. Hasil perkawinannya lahir Syech Ahmad yang menjadi penghulu pertama di Karawang. Cucu Syech Ahmad yaitu Syech Musanudin yang kelak menjadi lebe di Cirebon dan mempunyai tajung Sang Cipta pada masa Susuhunan Jati. Pesantern Karawanr terkenal denga Pesantren Kuro,yang di antara muridnya terdapat Subanglarang puteri Ki Gedeng Tapa,juru labuh di Muara Jati Cirebon. Puteri ini kelak menjadi permaisuri Kerajaan Pajajaran.
  
kesimpulannya bahwa sentuhan Islam di Jawa-Barat terjadi dalam waktu pemeerintahan Wastu Kancana. Di mulai oleh Bratalegawa alias Haji Purwa yang kemudian bermukim di Dukuh Pasambangan. Kemudian oleh Syech Hasanudin dari Campa yang mendirikan pondok Kuro di Karawang pada tahun 1416 M. 
Sumber Bunga Rampai Jawa Barat.Musnispal Mashun


DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.