Sejarah Pos Indonesia di Bawah Raffles



stamford thomas raffles
THOMAS  STAMPFORD  RAFFLES
SEJARAH PERPOSAN INDONESIA DI BAWAH RAFFLES 1811-1814 Penunjukan Thomas Stamford Raflles menjadi "Lieutnan Governor of Java and its Dependenches" pada tanggal 11 September 1811 mempunyai ciri khas yang membawa perubahan-perubahan dalam perposan di Indonesia.
 

Dalam pemerintahannya "Reglement Pos" mengalami perubahan. peraturan-peraturan baru yang berlaku bagi Kantor Pos di Pulau Jawa tercantum dalam " REGULATIONS FOR THE POST ESTABLISHMENT ON TH ISLAND OF JAVA ".
 

perubahan yang mengesankan sekali bahwa dinas kereta pos dihapuskannya dengan sebuah pengumuman yang berbunyi: " ABOLITION OF TRAVELLING POST ESTABLISHMENT ", Mereka yang mempergunankan jalan raya harus menggunakan kendaraanya sendiri. meskipun demikian ia tetap mempertahankan kudapos dengan segala peralatannya beserta kusirnya yang diaturnya kembali kedalam " REGULATIONS OF THE GOVERRMENT POST CARRIAGE ". Mereka yang mau mempergunakannya harus membayar sebelum berangkat. Disini nampak pengaruh perposan Inggeris yang menentukan bahwa ongkos kirim harus dibayar dimuka.
 

Untuk dapat memelihara jalan raya maka diadakan undian yang merupakan undian pertama yang dinamakan " Undian Jawa Pertama " atau " THE NEW ROAD LOTTERY " yang terdiri dari 4000 lembar,masing-masing seharga 25 dollar spanyol.
 

Bila surat porto tidak dibayar di muka,maka pada surat tersebut dibubuhi kata-kata " BEARING POSTAGE "atau " TIDAK DI PRANGKO ". Ongkos yang belum dibayar dicantumkan pada sampul surat. Penerima harus membayar ongkos tersebut waktu penyerahan. 

Bila surat tak tersampaikan atau Si-Penerima tidak mau membayar ongkos kirim,surat tersebut dikirimkan kembali kepada pengirim  yang harus membayar ongkos kirim dan ongkos pengiriman kembali. Pada itu pula surat-surat yang ongkos kirimnya telah dibayar dimuka dibubuhi cap yang berteraan "POST PAID". 

      
DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.