" Enthem For The Broken Heart "
Album Slank Rekaman Amerika



Slank
" ENTHEM FOR THE BROKEN HEART "

Bimbim
" BIMBIM "
"Track by Track Album Slank serba pertama. Direkam di Amerika. Diproduseri "Blues Saraceno", eks gitaris Poison".

1.Devil in U.
Perubahan lagu yang aslinya berjudul "Gara-Gara Kamu" ini terutama terasa pada pencapaian sound yang lebih modern. Artinya, Slank sebenarnya tak perlu kehilangan aura garage dengan meninggalkan nuansa vintage yang dipertahankannya selama ini.

2.Caricature.
Masih karya lama, juga dart album Satu-Satu. Termasuk lagu yang mengalami perombakan aransemen. Lebih menggigit ketimbang versi original. Absolutely!

3. I Miss But I Hate U.
Kesan nakal lagu ini terletak pada tema "beni tapi rindu" yang dibawakan dalam dua bahasa. Ungkapan cengeng, sebenarnya, tapi di tangan Stank menjadi main-main dan jail. Sayang semuanya lenyap ketika terjadi peng-inggrisan

4.Do Something.
Bimbim memainkan tempo cepat - mungkin tercepat setelah "Missing In Per-son" dalam irama mars. Tema lagu ini berisi ajakan melakukan tindakan positif seperti yang selama ini mereka kampanyekan.

5.Drug Me Up.
Bruce Saraceno membebaskan Abdee Negara untuk melakukan eksplorasi gitar. Abdee pun bermain laksana anak panah, kita hanya bisa mengamati jejaknya yang begitu ekspresif. Bimbim dan Ivanka menyokongnya dengan dinamika. Pencapaian paling konkret yang dibawa Slank sebagai "oleh-oleh" dari Amerika.

6. Love Cursed 
Berirama slow.  Denting gitar elektrik dan akustik bergantian mengambil peran, sehingga kematangan karakter vokal Kaka terdengar menonjol. Duet Abdee - Ridho paling bertanggung jawab menjadikan "Love Cursed" ini sebagai lagu komersil. Salah satu yang potensial menjadi hit.

7.Since `You've Been Gone (new) 
Irama blues bukan barang baru untuk Slank. Namun melalui lagu ini terasa bagaimana westernisasi menyergap mereka. Tak perlu membandingkannya dengan Steve Ray Vaughn atau Johhny Lee Hooker untuk mengatakan bahwa "Since You've Been Gone" adalah nomor blues terbaik yang pernah diciptakan Slank.

8.Wake Up Tonight 
Slank mungkin bukan band yang mendewakan primordialisme. Namun eksotisme Jawa nampaknya demikian hebat memerangkap kreativitas mereka. Bagi yang pernah terpesona oleh "Bocah," "H.A.M. Burger," atau "Punk Java," lagu ini niscaya akan cepat akrab.

9.Virus.
Inilah lagu yang paling membuat Bruce Saraceno tak berkutik. Menyadari "Virus" sangat populer, ia tak melakukan perubahan aransemen radikal kecuali menyempurkan elemen produksinya. Nuansa psychedelic tetap terjaga. Keren.

10.Too Sweet to Forget.
Proses terlama dari pembuatan aransemen lagu ini terjadi ketika Saraceno berupaya keras menggantikan peran snare drum. Bimbim memukul-mukul setiap benda yang terdapat di area studio untuk mendapatkan bunyi perkusif seperti yang diinginkan Saraceno. Pilihan jatuh pada boks ampli bas. Toh di-ganti atau tidak, notasi "To Sweet To Forget" (aslinya berjudul "Terlalu manis") memang sudah gurih.

 Sumber:Majalah Rolling Stone.Edisi 37.Mei.2008.

DIJUAL BUKU-BUKU KUNO / LAMA ... !!!


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.